Pages

Blogger templates


Blogger news


Administrasi dan kantor



A.  ADMINISTRASI
     1.  Pengertian Administrasi
         a.  Asal kata dari bahasa latin, ad dan ministrare. Ad artinya intensif dan
             ministrare artinya melayani, membantu, atau memenuhi
         b.  Dalam bahasa inggris “administration
         c.  KBBI,  adalah  usaha  dan  kegiatan  meliputi  penetapan  tujuan  serta
             penetapan  cara-cara  penyelenggaraan  pembinaan  organisasi;  usaha
            dan kegiatan yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan;
            kegiatan kantor dan tata usaha
        d.  Dalam arti sempit, adalah kegiatan penyusunan dan pencatatan data
            dan  informasi  secara  sistematis  dengan  tujuan  menyediakan
            keterangan  bagi  pihak  yang  membutuhkan  serta  memudahkan
           memperoleh kembali informasi secara keseluruhan dalam hubungan
           satu sama lain, atau dengan kata lain disebut tata usaha
       e.  Dalam  arti  luas,  adalah  kegiatan  kerjasama  yang  dilakukan  oleh
          dua orang atau lebih berdasarkan pembagian kerja yang telah  
           ditentukan dalam  struktur  organisasi  dengan  mendayagunakan 
          sumber  daya yang ada untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
2.  Unsur-Unsur Administrasi
Menurut  The  Liang  Gie  dalam  buku  “Adminitrasi  Perkantoran
Modern”terdiri dari delapan unsur:
a.  Pengorganisasian :merupakan rangkaian perbuatan menyusun suatu kerangka organisasi yang menjadi wadah atau tempat bagi setiap kegiatan dalam usaha kerja sama mencapai tujuan yang telah ditentukan.
b.  Manajemen :merupakan rangkaian perbuatan menggerakkan karyawan-karyawan dan mengarahkansegenap fasilitas kerja agar tujuan kerja sama yang telah ditetapkan.
c.  Tata hubungan :merupakan rangkaian kegiatan perbuatan menyampaikan warta atau berita dari satu pihak kepada pihak lain dalam usaha kerja sama.
d.  Kepegawaian :merupakan kegiatan perbuatan mengatur dan mengurus tenaga kerja yang diperlukan dalam usaha kerja sama.
e.  Keuangan :merupakan rangkaian perbuatan mengelola segi-segi pembelanjaan dalam usaha kerja sama.
f.  Perbekalan :merupakan rangkaian kegitan mengadakan,mengatur pemakaian,mendaftar,memelihara sampai menyingkirkan segenap perlengkapan yang sudah tidak diperlukan dalam usaha kerja sama.
g.  Tata usaha :merupakan rangkaian perbuatan menghimpun,mencatat,mengolah,menggandakan,mengirim dan menyimpan keterangan-keterangan yang diperlukan dalam usaha kerja sama.
h.  perwakilan :merupakan rangkaian perbuatan menciptakan hubungan baik dan berusaha memperoleh dukungan dari masyarakat sekitar terhadap usaha kerja sama yang dilakukan.

3.  Fungsi Adminitrasi
Menurut Quible ada lima yaitu:
a.  Fungsi  rutin:  fungsi  administrasi  yan  membutuhkan  pemikiran
minimal mencakup pengarsipan dan penggandaan
b.  Fungsi teknis; fungsi administrasi membutuhkan pendapat, keputusan
dan ketrampilan perkantoran yang memadai
c.  Fungsi  analisis:  fungsi  administrasi  yang  membutuhkan  pemikiran
yang  kritis  dan  kreatif  disertai  kemampuan  mengambil  keputusan,
seperti membuat keputusan pembelian
d.  Fungsi  interpersonal:  fungsi  administrasi  yang  membutuhkan
penilaian  dan  analisis  sebagai  dasar  pengambilan  keputusan  serta
ketrampilan  yang  berhubungan  dengan  orang  lain  seperti
mengoordinasikan tim
e.  Fungsi  manajerial:  fungsi  administrasi  yang  membutuhkan
perencanaan, pengorganisasian, pengukuran dan pemotivasian

B.  KANTOR
1.  Pengertian
      a.  Menurut KBBI, adalah balai (gedung, rumah, ruang) tempat mengurus
          suatu pekerjaan (perusahaan); tempat bekerja
      b.  Kantor  merupakan  suatu  unit  organisasi  yang  terdiri  dari  tempat
          personil dan operasi ketatausahaan.
2.  Tujuan kantor
       Memberikan pelayanan komunikasi dan perekaman
3.  Fungsi kantor
a.  Menerima informasi
b.  Merekam informasi
c.  Mengatur informasi
d.  Memberi informasi
      e.  Melindungi aset/harta 

0 komentar:

Posting Komentar

thanks


  © NOME DO SEU BLOG

Design by Emporium Digital