Pages

Blogger templates


Blogger news


pengertian dan prinsip organisasi

A.  Pengertian Organisasi
1.  Asal  kata  dari  bahasa  yunani,  “Organon”.  Dalam  bahasa  latin
“Organum”artinya alat, bagian, anggota atau badan
2.  KBBI = Adalah kesatuan (susunan) yang terdiri atas bagian-bagian (orang) dalam  perkumpulan  untuk  mencapai  tujuan  tertentu;  kelompok  kerja sama antara orang-orang yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama.
3.  James  D.  Mooney  (Dalam  buku  The  Principles    of  Organization)  adalah setiap  bentuk  perserikatan  manusia  untuk  mencapai  suatu  tujuan bersama.
4.  Chester  I.  Barnard  (Buku  The  Functions  of  The  Executive)  adalah  suatu sistem mengenai usaha-usaha kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
5.  J.  Willian  Schulze,  adalah  suatu  penggabungan  dari  orang-orang,  benda-benda,  alat-alat  perlengkapan,  ruang  kerja  dan  segala  sesuatu  yang bertalian  dengannya,  yang  dihimpun  dalam  hubungan  yang  teratur  dan efektif untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan.
6.  Kamus administrasi, adalah suatu usaha kerja sama dari sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu.
Kesimpulan dari definisi, ciri-ciri organisasi sebagai berikut:
1.  Terdapat sekelompok orang (dua atau lebih)
2.  Ada kerja sama
3.  Ada tujuan bersama
Berdasarkan beberapa pengertian diatas dapat dikatakan bahwa organisasi merupakan perkumpulan sekelompok orang yang melakukan kerja sama untuk mencapai tujuan tertentu.
B.  Prinsip-Prinsip Organisasi
1.  Prinsip perumusan tujuan :sebelum membuat organisasi/badan,langkah pertama yang perlu dikatakan adalah menentukan tujuan dari dibentuknya organisasi/badan tersebut.
2.  Pembagian kerja :Dalam pelaksanaan kegiatan,organisasi harus melakukan pembagian tugas/kerja untuk menghindari kemungkinan terjadinya tumpah tindih pekerjaan.
3.  Pendelegasian kekuasaan/wewenang:Dalam menjalankan tugas,suatu unit harus diberi kekuasaan/wewenang untuk melaksanakan tugas-tugasnya agar dapat diminta pertanggung jawabannya.
4.  Tingkat pengawasan:Berjalannya sebuah organisasi dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan,harus dipastikan dengan selalu menjalankan system pengawasan,karena tanpa adnya pengawasan tidak mungkin suatu organisasi dapat mencapai tujuannya.
5.  Rentang manajemen :Dalam sebuah organisasi perlu diperhatikan efektifitas dan efesiensi seorang pemimpin dapat membawahi berapa jumlah orang yang dipimpinnya sehingga pemimpin dapat melakukan kepimpinanya secara efektif dan efesien.
6.  Kesatuan perintah :Dalam sebuah organisasi,seorang bawahan biasanya mempunyai seorang atasan.Dari atasan tersebut lah ia menerima perintah dan kepada atasan tersebut pula member pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugasnya.

7.  Koordinasi :adalah usaha mengarahkan kegiatan seluruh unit-unit organisasi agar tertuju pada pencapaian tujuan organisasi secara keseluruhan.

0 komentar:

Posting Komentar

thanks


  © NOME DO SEU BLOG

Design by Emporium Digital